You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
HBKB di Jl Sudirman Diwarnai Kirab Pancasila
....
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Kirab Pancasila Meriahkan HBKB di Bunderan HI

Kirab Pancasila yang digagas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), ikut memeriahkan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di sepanjang Jl Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat,  Minggu (26/5).

Kirab Pancasila ini juga dilakukan secara virtual

Kegiatan yang diikuti  2.200 peserta dari berbagai elemen ini mengambil  start dari patung Jenderal Sudirman dan finish di Bundaran Hotel Indonesia. Kegiatan dimeriahkan dengan drumband 168 Gita Praja IPDN dan 150 anggota Paskibraka DKI Jakarta yang membawa bendera merah putih sepanjang 300 meter.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhani Sukma mengatakan, kegiatan yang dihelat kali kedua ini bertujuan mengajak masyarakat untuk selalu mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

53 Peserta Telah Daftar Calon Abang-None Jakpus 2024

"Pancasila ini sebagai ideologi bangsa Indonesia yang telah mempersatukan nilai-nilai kebangsaan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu semua masyarakat harus selalu mengingatnya," kata Dhani.

Menurutnya, nilai-nilai yang tergambar dalam Pancasila harus menjadi pedoman dalam berperilaku, berinteraksi dan pergaulan bangsa.

Dhani menambahkan, wilayah Jakarta Pusat tidak lepas dari perjalanan sejarah.bangsa, mulai dari kebangkitan nasional 1908 yang dicetuskan di Jalan Raden Saleh, Senen. Kemudian Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 di Jalan Kramat Raya Senen, serta penyusunan naskah proklamasi.

"Diharapkan nilai-nilai perjuangan ini terus mengakar dan  mewarnai perilaku kehidupan masyarakat, terutama warga Jakarta Pusat," ucap Dhany.

Sementara, Kepala BPIP,  Yudian Wahyudi menjelaskan, Kirab Pancasila ini digelar. dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kegiatan diikuti sekitar 2.200 peserta, mulai dari praja IPDN, anggota Paskibraka, Forum Pembauran Kebangsaan provinsi dan wilayah kota,

Kemudian perwakilan dari Forum Komunikasi Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia,  Aliansi Bhinneka Tunggal Ika dan Komunitas Perempuan Indonesia, Perhimpunan Bunda Kanduang Minang Kabau DKI Jakarta, serta komunitas lainnya.

Sosialisasi Pancasila ini, ungkap Yudian, juga dilakukan melalui media sosial  sehingga bisa diakses setiap waktu dari mana pun.

"Kirab Pancasila ini juga dilakukan secara virtual. Sehingga semua lapisan masyarakat, termasuk yang ada di luar negeri bisa menikmati kegiatan ini," ungkap Yudian.

Diharapkan, melalui kegiatan  ini dapat terjadi penguatan nilai-nilai Pancasila dengan konsep virtual experience.

"Pancasila  bukan hanya sebagai ilmu pengetahuan, tapi juga ideologi yang dilaksanakan dalam bermasyarakat dan bernegara," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati